Hari Batik Nasional 2 Oktober

08 Desember 2018 - Kategori Blog

Hai hai sobat Airy,. kalian ingat kapan Hari Batik Nasional tanggal berapa? 2 Oktober betul banget,.

Pada kesempatan kali ini saya mau sedikit mengulas tentang peresmian hari batik nasional di Indonesia nih,. yuk langsung ke topik,.

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. wikipedia

Dikutip dari website resmi KBRI Seoul Korea Selatan, www.kemlu.go.id, Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membawahi masalah kebudayaan, yaitu UNESCO, telah menyetujui batik sebagai warisan budaya tak benda yang dihasilkan oleh Indonesia.

Menurut Menko Kesra, peresmian batik sebagai warisan budaya tak benda dari UNESCO itu akan diselenggarakan pada suatu rangkaian acara pada 28 September 2009 hingga 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

“Kami telah menerima pemberitahuan dari UNESCO bahwa batik diakui sebagai satu warisan dunia yang dihasilkan dari Bangsa Indonesia,”- ujarnya.

Jadi, mari kita bersama – sama melestarikan kebudayaan bangsa salah satunya dengan menggunakan batik di hari – hari tertentu. Karena kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi kan?.

Tanah Air kita ini kan merupakan negara yang terkenal dengan ribuan budayanya yang bermacam – macam. Kalau satu saja kita tidak mau melestarikannya bagaimana Indonesia bisa bersatu seperti moto yang telah kita lama pegang dari nenek moyang kita terdahulu Bhineka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda – beda tetapi tetap satu”?

Apa harus di klaim dahulu oleh negara lain baru kita tersadar? tentunya kita semua tidak mau kan jika kebudayaan kita diambil alih oleh negara lain. Jadi mari kita bersama – sama mengajarkan kepada generasi muda untuk melestarikan budaya kita sejak dini, ya dengan salah satunya memakai batik.

Baiklahhh demikian adalah sedikit ulasan tentang Hari Batik Nasional, bersama – sama melestarikan budaya batik, semoga tulisan ini dapat menggugah rasa nasionalisme dalam diri kita untuk terus mengobarkan semangat ke-Bhinekaan ya,. tetap semangat dan terus berusaha.

 
Chat via Whatsapp